2 Tahun Sokola Kaki Langit Mengabdi

Mungkin tak banyak yang mengenal gerakan ini. Gerakan yang mengajak para relawan untuk mengajar selama beberapa hari di kaki langit atau di pedesaan yang terpencil. Dengan ikhlas, dengan cinta dan dengan kasih mereka merelakan aktivitas mereka (para relawan) sejenak untuk mengemban salah satu tujuan Indonesia yaitu mencerdaskan anak bangsa.

Itulah sedikit gambaran dari gerakan ini, gerakan yang berdiri pada 28 desember 2014. Gerakan ini pertama kali lahir dari kegalauan seorang wanita yaitu Andi Mey Kumalasary. Dia resah akan tidak meratanya pendidikan di Indonesia khususnya di Sulawesi Selatan. Maka dari itu dia mendirikan sebuah gerakan yang bernama Sokola Kaki Langit.

Berbcara soal gerakan, tentunya mempunyai tujuan. Tujuan didirikannya Sokola Kaki Langit bukan untuk mendunia atau menjadi luar biasa, tapi cukup bisa menjadi penyemangat dan senyum para adik-adik di desa binaan, “kata kk mey”.

1486392810394

Sokola Kaki Langit pertama kali melaksanakan gerakannya di desa Umpungeng Kabupaten Soppeng, di tahun kedua mereka berpindah di dusun panggalungan desa bulo-bulo, Kabupaten Barru, dan di Tahun ketiga ini (2017) mereka berpindah lagi semakin jauh di dusun Marroanging desa bulo-bulo Kabupaten Barru. Sampai saat ini sudah 268 volunteer yang terbagi dari 18 angkatan. Mereka melakukan perekrutan setiap bulannya, kecuali pada bulan Ramadhan.

Pada 28 desember 2016 kemarin, crew barru.org bersama dengan beberapa komunitas Barru berkesempatan menghadiri acara anniversary sokola kaki langit yang ke-2, dan acara itu sekaligus menjadi moment mengharukan sebab kakak dari sokola kaki langit sudah harus berpindah ke desa selanjutnya.

1486392777182

Banyak tawa yang mereka telah hadirkan untuk anak-anak di desa binaan selama 2 tahun ini. Banyak pembelajaran yang mereka salurkan. Banyak cinta yang mereka tanamkan. Masih banyak pemuda negeri ini yang ternyata masih punya kepedulian terhadap pendidikan yang tidak merata di bumi pertiwi ini. Merekalah pemuda yang presiden soekarno katakan. Pemuda yang akan mengubah Indonesia menjadi Negara yang berpendidikan.

Jangan pernah berhenti untuk berbuat, jangan terlalu banyak berfikir untuk bertindak. Karena negeri ini tidak membutuhkan banyak pikiran, tapi yang negeri ini butuhkan ialah tindakan. Seperti kakak-kakak dari sokola kaki langit yang mereka lakukan, tanpa banyak berfikir mereka bertindak sesuai hati mereka. Rela meninggalkan segala aktifitas mereka untuk mencerdaskan anak bangsa. Semoga apa yang mereka lakukan, akan membuahkan hasil di tahun yang akan datang. Semoga adik-adik binaan mereka menjadi anak yang berbakti, cerdas dan berbahagia.

Penulis : Zulham Irfandy

 

Iklan

RING

One Comment

  1. Panjang Umur Volunteer, Panjang Umur Sokola Kaki Langit.
    Dari Pelosok Untuk Negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *