3 Alasan Kamu Takkan Menyesal Liburan Ke Barru

Keindahan Kabupaten Barru memang sudah terkenal. Kalau belum pernah ke Barru, tak ada salahnya memilihnya sebagai destinasi liburan anda selanjutnya.

Kabupaten Barru berada di sebelah barat pesisir pantai provinsi Sulawesi Selatan dan berjarak sekitar 100 Km dari pusat kota Makassar.

Kabupaten Barru terbagi kedalam 7 wilayah kecamatan, serta memiliki 4 kriteria morfologis wilayah yakni: Datar, miring, laut, dan perbukitan.
Tak mengherankan kalau banyak pemandangan yang sangat mengagumkan di Barru.

Dirangkum Barru.org senin (6/3/17), berikut 3 alasan kenapa kamu takkan menyesal liburan ke Barru:

1. Banyak Pilihan Wisata Air

5

Air Terjun Waesai, di Pacciro Desa Libureng Kec. Tanete Riaja ( photo : Kirei )

Kabupaten Barru memilliki banyak pilihan wisata air terjun yang instagramable. Barru.org merekomendasikan beberapa air terjun yang terkenal diantaranya adalah: Air Terjun Wae Maddumpue yang memiliki keistimewaan terapi uap air, lalu ada air terjun Waesai yang berjuluk “Air terjun pelangi abadi”, kemudian ada air terjun To Magelli, Air terjun Sarang burung yang memiliki 7 tingkatan air terjun.

Selain air terjun, spot wisata sungai juga patut traveler coba, salah satu yang paling terkenal yakni spot Sungai Ulo atau lebih populer dengan nama Celebes Canyon. Nah, Celebes Canyon inilah yang pernah meraih juara II kategori tempat wisata baru terpopuler pada ajang anugerah pesona Indonesia (16/9/16).

2. Island Hopping

Untitled_Panorama1

Pulau Dutungan ( Photo : Ahmad Irfa )

Setali dengan wisata air, wisata bahari juga tak kalah menarik. Traveler wajib mengunjungi Pulau Bakki “Virgin island”, Pulau pasir putih Dutungan, dan Pulau Pannikiang.

Pulau Bakki dan Pulau Dutungan menawarkan keindahan pasir putih dan spot panorama bawah laut, sedangkan Pulau Pannikiang menawarkan wisata edukasi.

Menariknya, di Pulau Pannikiang traveler di ajak melihat beragam jenis tumbuhan mangrove yang tumbuh disana. Termasuk jenis Ceriops decandra yang hanya Panikiang memilikinya di Sulsel (Versi Blue Forest).

3. Melihat Miniatur Budaya dan tradisi masyarakat Barru di Festival Budaya To Berru

BRNpziqBg3t-01

Pajo Pajo & Kostum Karnaval Colliq Pujie tahun 2017 ( Photo : Gayus )

Mau lihat budaya dan tradisi masyarakat Barru?
Tak ada salahnya kalau traveler liburan ke Barru pada saat festival budaya To berru di adakan. Traveler akan menyaksikan miniatur budaya dan beragam tradisi masyarakat barru yang di pamerkan. Mulai dari pentas kesenian, ragam tradisi asli nenek moyang orang Barru dan masih banyak lagi. Jika beruntung, traveler juga akan bertemu dengan To Balo atau orang belang.

Oh ya sobat traveler, selain destinasi-destinasi wisata yang kami tuliskan di atas, masih banyak lagi loh destinasi keren lainnya, untuk info selengkapnya boleh menanyakan langsung ke Dinas Pariwisata Kabupaten Barru atau silahkan kunjungi website kami di www.Barru.org.

Penulis : Achmad Afandy

Photo : Anca Adriansa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *