5 Hal Yang Seharusnya Membuatmu Bangga Menjadi Orang Barru

Apa kabar teman teman Pembaca Barru.Org yang semuanya berbahagia. Hal apa saja sih yang bisa menjadi renungan dan kesyukuran kita sebagai orang Barru, berikut kami paparkan ya :

1. Surah At-Tur ayat 28
Al-Barru dalam ayat tersebut memiliki Arti “Kebaikan”. Diantara nama daerah didunia ini hanya kata Barrulah yang terdapat dalam ayat al-Quran. Orang Barru itu selalu ada dalam kebaikan dan berasal dari kebaikan. Semoga ini menjadi harapan dan doa kita bersama untuk selalu memberikan hal yang baik dari setiap insan manusia. Al Barru itu nama Allah, salah satu dari 99 Asmaul Husna. tercantum di QS At Tur ayat 28. Hanya kebetulan Nama Berru diluruskan ejaannya sehingga mirip nama Kabupaten Barru.

2. Aju Berru 
Kayu ini merupakan nama yang memang asal usulnya sebagai nama dari Barru. Pohon kayu Barru ini masih ada sampai saat ini. Menurut cerita sejarah sebelum adanya kerajaan, konon adanya peristiwa perkawinan antara anak putri bangsawan dari daerah Gowa disuatu tempat bernama Ajarengnge sebelah utara kota Barru. Karena merasa di tempat tersebut banyak tumbuh pohon Aju Berru maka diberilah nama Berru/Barru.

3. Barru Kota Santri
Julukan kota santri bukan sekadar julukan, tapi kehadiran Sekolah Pesantren DDI Mangkoso merupakan Sekolah Islam terbesar di Indonesia Timur menjadi bukti nyata. Ribuan santri telah dilahirkan bahkan Guru-guru besar lahir disini. Anre Gurutta Ambo Dalle merupakan sosok yang sangat berpengaruh terhadap besarnya perkembangan sekolah pesantren ini. (Dilansir dari kutipan sumber Republikan online) Dalam bukunya yang berjudul Anregurutta Ambo Dalle : Mahaguru dari Bumi Bugis, HM Nasruddin Anshoriy Ch mengungkapkan, sangat sedikit para pemimpin dan tokoh Islam saat ini yang mampu melakukan kerja keras di bidang pendidikan, menebarkan kasih sayang kepada segenap umat dengan jalan silaturahim, serta berjihad dengan indah melalui jalan dakwah untuk mengajak masyarakat ke jalan benar, lurus, dan lempang sebagaimana yang telah dilakukan sosok mahaguru dari bumi Bugis bernama Abdurrahman Ambo Dalle.

4. Warisan jejak Islam
Sejarah Awal mula masuknya Islam di Barru ini masih terlihat bukti jejak sejarah tersebut. Tepatnya berada pada Kecamatan Tanete Rilau Desa Lalabata. Desa tersebut merupakan pijakan pertama Islam di Barru. Ketika berkunjung di Desa ini akan terlihat Masjid yang masih sangat menjaga bentuk Qubahnya. Adanya makam Raja terdahulu yang pertama kali mengikuti jejak Islam dan membawa ke Barru. Yang dimaksud dengan Gelar Raja ke VIII di Tanete adalah Petta Sugie / Petta Pallase-Lase’e.

5. Warisan Panorama Alam 
Warisan alam di Barru sangat luar biasa dianugerahkan oleh Sang Pencipta. Barru memiliki lintasan pantai terpanjang sehingga panorama dan kekayaan sumber laut sangat berlimpah disini. Barru memiliki dataran rendah yang mencangkup banyak wisata diantaranya wisata Celebes canyon, bukit maddo, air terjun 7 susun batulappa dan banyak lainnya. Barru juga memiliki daerah dataran tinggi yang tidak kalah menarik misalnya seperti Objek Wisata savana Lappalaona, kawasan hutan pinus Lajoanging, dan Gunung Kappire. Selain itu semua, di Barru juga terdapat pulau yang tak kalah takjub keindahannya seperti pulau Pannikiang di Balusu dan Pulau Dutungan di Mallusetasi.

Nah, kamu penasaran dengan Barru ?. Makanya #AyoKeBarru 

Penulis : Asriadi Rijal
Ilustrasi Gambar : @CundekkTshirt

#2