Ada Kotak Amal Uang Panai di Barru, Begini Bentuknya

Pernikahan merupakan hal yang sangat sakral bagi manusia. Hingga berbagai pasangan yang lahir dari suku budaya, latar belakang kewarganegaraan, bahkan umur tidak menjadi kendala. Namanya juga hal wajib dilakukan oleh semua orang dari jodoh yang dianugerahkan.

Belakangan ini kita dikejutkan banyak pernikahan yang dilakukan sampai menyita perhatian masyarakat kita. Bagaimana tidak, setelah heboh dengan pernikahan keturunan dari Korea dengan gadis bugis Barru adalagi kakek tua dengan nenek tua sampai Pemuda dengan pasangannya nenek tua yang hampir sudah berumur 70 tahun. Inilah yang dinamakan jodoh.

Berbicara tentang pernikahan apalagi kita dari latarbelakang suku bugis, paling dikenal dengan istilah Uang panai. Sampai-sampai fenomena ini sudah difilmkan secara nasional dan ikut pula menjadi perhatian masyarakat Indonesia. Dalam sisi Agama kita hanya mengenal yang namanya Mahar terhadap perempuan hal itulah menjadi kewajiban seorang laki-laki jika ingin melamar dambaan hatinya. Akan tetapi dilingkungan masyarakat kita sudah menjadikan tradisi atau kebiasaan yang mewajibkan pihak keluarga laki-laki untuk memenuhi uang panai yang sudah dijadikan ketentuan oleh pihak keluarga perempuan dan peristiwa ini sudah menjadi turun temurun bagi suku bugis.

Entah iseng atau tidak, dipusat kota Barru dijumpai Kotak Amal Uang Panai yang terpasang di pohon. Sentak masyarakat yang lewat menjadikan kotak ini sebagai hal yang lelucon. Bahkan ada yang mengatakan “ada-ada saja orang ini”. Sambil kami mengambil gambar kotak amal ini. Menurut pemaparan warga yang kami temui disekitar pohon itu, ini sudah lama ada hanya saja kami tidak tahu persis siapa yang menempelkan kotak amal uang panai tersebut.

Laporan : Asriadi Rijal