AIR TERJUN MANUBA – LAHAN WISATA BUKAN LAHAN SAMPAH

12519508_1672493436358464_476323259_n
           Akhir pekan lalu tim Barru.Org berkunjung ke salah satu ikon wisata air terjun yang berada di desa Manuba, kec. Mallusetasi , Barru. Air terjun Mabuangnge atau yang lebih populer dengan nama air terjun Manuba. ( Daerah Mangkoso, Arah ke Monumen Paccekke )
           Sejak populernya air terjun Mabuangnge di media sosial, banyak wisatawan yang mulai berdatangan ke tempat itu. Mulai dari turis lokal sekitaran Barru hingga turis luar daerah sengaja mampir menikmati kucuran air terjun Mabuangnge. Hampir setiap akhir pekan tempat ini selalu di banjir wisatawan yang datang bahkan tak jarang dari mereka yang mendirikan tenda untuk camp di kawasan air terjun.
           Air terjun Mabuangnge memiliki nilai daya tarik tersendiri di banding dengan air terjun lain yang di miliki kabupaten Barru. Ketinggian air terjun mencapai kurang lebih 30 meter ini memang cukup menakjubkan, berada di tengah hutan belantara yang masih perawan.
           Meskipun jalan yang dilewati lumayan berat ( Karena harus lewat Jembatan Gantung, Otomatis kalau naik Mobil harus berjalan kaki sekitar 1 Km lebih ), sesampainya di air terjun Mabuangnge rasa lelah tim seolah langsung sirna ketika memandangi keajaiban alam yang tersuguhkan. Jernihnya aliran air yang menyusuri tebing menambah pesona tempat itu.
           Objek wisata air terjun Mabuangnge memang eksotik dan akan menjadi lahan wisata yang mampu bersaing jika pengelolaannya di lakukan dengan baik. Mengenai buruknya kesadaran wisatawan juga menjadi sorotan tim waktu itu. Hal ini terbukti dengan masih banyaknya sampah yang di tinggalkan berserakan di pinggiran air terjun.
           Tim Barru.Org berharap kedepannya agar wisatawan yang datang tidak lagi mengotori tempat itu. Agar pesona air terjun Mabuangnge tetap terjaga kealamiannya.
Sekali Lagi, Nikmati Indahnya dan Ambil Sampahnya !
Penulis : Achmad Afandy
Photo : Zulham Irfandy

14 Comments

  1. tabe, saya luruskan sedikit,, Dusun Manuba adalah bagian dari Desa Manuba Kec. Mallusetasi.. :))

  2. Keren,,. Kami mohon untuk pemerintahan Kabupaten Barru untuk membantu pengembangan wisata alam air terjun mabuangnge (yang jatuh),,. Maju terus Kabupaten Barru,,.

  3. Sebenarnya Barru kaya dngan alarm. . Cuma saja belum dikelolah dngan baik.. semoga kedepannya Barru bisa jadi tumpuan wisatawan luar.. jempol untuk Barru.Org

  4. Keren tawwa ini tempat eh, baguski juga slogannya om penulis “Nikmati Indahnya dan Ambil Sampahnya!”..
    Mantap ini.

    #ayokeBarru

Comments are closed.