Bangunan Ini Ternyata Peninggalan Sejarah di Kelurahan Tuwung

Path 2016-02-01 22_22

Kantor Kelurahan Tuwung ( Photo : Asriadi Rijal )

Ada yang menarik dari salah satu kantor pemerintahan Kota Hibridah ini. Kantor Kelurahan Tuwung Kecamatan Barru, Gedung yang berdiri sejak 1948 punya keunikan tersendiri dari gedung pemerintahan lainnya. Kelurahan Tuwung merupakan kelurahan tertua yang ada di Kabupaten Barru. Awalnya gedung tersebut adalah rumah sakit Barru kemudian diganti kantor kepolisian pada saat itu. Barulah tahun 1952 berubah fungsi jadi kantor Desa Tuwung. Sebelum disebut sebagai kelurahan Tuwung ini awalnya hanya pemerintahan desa, barulah awal 1990-an dengan status kelurahan.  Nilai history sejarahnya pun sangat menarik perhatian.

 

Mengapa disebut Tuwung karena ternyata diambil dari bunyi senjata penjajah yang ada zaman dahulu. Dengan bunyi tung…tung…tung” sehingga disebutlah Tuwung. tidak hanya sampai disitu, Gedung kantor tersebut masih sangat mempertahankan desain gedung zaman penjajahan. Terbukti dengan corak dan model yang nampak dari luar terlihat dengan jelas karakter bangunan tempo dulu inilah alasan mengapa kantor ini tidak pernah direnovasi secara keseluruhan. Jika melihat gedung pemerintahan sekarang, malah berlomba untuk membangun gedung dengan corak yang modern dan bertingkat. Tidak lagi menyimpan dimemori akan sejarah yang tersimpan ratusan tahun yang lalu. Tidak dengan perangkat pemerintah kelurahan Tuwung, mereka tetap mempertahankan corak sejarah zaman penjajahan.

 

“Bukan karena tidak ada dana, tapi karena kita ingin tetap nilai sejarah yang terkandung dari corak gedung tersebut menjadi penumbuh rasa nasionalisme dan tetap ingin dipertahankan” kata bapak Makkulau,S.Sos sebagai Lurah di  Tuwung.

Path 2016-02-02 02_18

sisi lain kantor lurah tuwung

Sebagai bangsa yang berkarakter apalagi pelanjut genarasi yang paham sejarah kita dituntut agar bisa memicu akan kesadaran nilai-nilai kebangsaan. Apalagi diera sekarang serba modern ini, berupaya bagaimana nilai sejarah itu tidak terlupakan oleh anak cucu kita. Karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarahnya. Inilah yang harus jadi perhatian besar dilingkup pemerintahan kabupaten Barru untuk tetap mempertahankan peninggalan sejarah.

 

Kelurahan Tuwung merupakan kelurahan yang aktif juga dalam perkembangan pemuda khususnya lembaga kepemudaan seperti karang taruna yang tetap menjadi jalan keluar pemuda untuk andil dalam melakukan kegiatan-kegiatan yang bisa menumbuhkan kepedulian pemuda dalam aktifitas sosial ditengah masyarakat. Bahkan semua elemen masyarakat berbaur membangun kelurahan Tuwung sebagai kelurahan yang inspiratif dan bermasyarakat mandiri. Salah satu program unggulan pemerintah kelurahan dimasyarakat itu adalah pembagian itik setiap Kepala Keluarga. Sehingga semua warga yang ada di kelurahan Tuwung ini bisa andil dalam masyarakat mandiri.

 

Budaya, sejarah akan selalu sejalan seiring sesuai identitas dari setiap manusia didalamnya. Generasi penerus cerdas akan selalu menjaga titipan sang empuh bangsa agar yang ditinggalkannya bisa tetap menjadi catatan penting dalam kehidupan bernegara.

 

Penulis :
Asriadi Rijal