Barru Local Fest 2020 Hadir Dengan Gaya Baru

Festival akbar tahunan, Barru Local Fest telah digelar kembali. Festival tahunan yang diinisiasi oleh Barru.Org bekerjasama dengan Dinas Pemuda dan Olahraga Barru dan Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Sulawesi Selatan ini dikemas dengan konsep yang berbeda dari tahun – tahun sebelumnya.

Barru Local Fest yang ke -4 tahun 2020 ini akan hadir dengan gaya virtual ( live streaming ) yang dimulai pada hari Kamis tanggal 20 Agustus – 22 Agustus 2020.
Pandemi Covid – 19 tidak melunturkan semangat produktivitas dan semangat untuk berkarya dari anak muda milenial Kabupaten Barru.

Dengan mengusung tema “Berkarya dari Rumah” akan menjadi ajang pameran budaya lokal dan pengenalan berbagai komunitas yang aktif berkarya selama pandemi di daerah Kabupaten Barru.

Bukan hanya itu, seluruh UMKM di Kabupaten Barru akan memamerkan produk lokal asli buatan putra – putri daerah Barru secara virtual/live streaming melalui kanal youtube channel pitu rupa dan facebook (Orang Barru)
Tiga hari di hadirkan secara virtual, Festival Barru Local Fest menawarkan berbagai macam rangkaian acara yang sangat kreatif dan menarik.

Di hari pertama dimulai dari pemutaran video karya Generasi Pesona Indonesia Barru ( GENPI BARRU ) dan penayangan video profil masing – masing komunitas, kemudian Tari Virtual dan Key Note Speech/pembukaan oleh Suardi Saleh selaku Bupati Barru dan ditutup dengan talkshow mengenai kebangkitan UMKM di Kabupaten Barru.

Di hari kedua akan ada bincang – bincang mengenai sejarah Kabupaten Barru Bersama Jamal Passalowongi dan pemutaran video lomba karaoke dari masing – masing komunitas. Kemudian akan ada sesi talkshow Bersama komunitas yang aktif selama pandemi Covid-19 yang di pandu oleh asriadi dari Barru.org. Terakhir ditutup dengan FUN PUBG Competition yang akan dipandu oleh caster Barru Local Fest 2020 melalui kanal streaming Pitu Rupa youtube channel

Malam puncak festival akan dimeriahkan oleh Guest Star dari Barru Local Fest 2020 dan MC star dari Barru Local Fest. Seperti hari sebelumnya akan ada sesi talkshow bersama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulawesi Selatan yang akan membahas tentang pariwisata di era new normal dan di malam puncak ini akan ada pengumuman lomba karaoke dan video profil komunitas serta akan ada penyerahan hadiah kepada masing – masing dari pemenang lomba.

Secara keseluruhan Barru Local Fest menjadi ajang kreatifitas dan ajang untuk melihat potensi yang dimiliki anak muda Barru dalam berkarya. Melihat komunitas dan pemilik Brand Local merupakan anak muda yang terus berinovasi dan berkarya untuk menunjukkan jika Kabupaten Barru merupakan tanah lahir yang punya potensi.

Harapan dari Kordinator penyelenggara dan segenap panitia dari Barru Local Fest yang ke-4 tahun 2020, Adriansa mengatakan bahwa, BLF 2020 harus tetap secara konsisten dilaksanakan karena sudah menjadi wadah dan ajang untuk komunitas dan UMKM di seluruh kabupaten Barru untuk menunjukkan asah dan karsa nya untuk Barru.

“BLF 2020 harus tetap dilaksanakan setiap tahunnya, meskipun tahun ini agak berbeda karena adanya pandemi, tentunya bukan jadi hambatan untuk menggelar BLF yang ke -4 ini. Tetap harus konsisten dan menyesuaikan dengan keadaan tanpa mengabaikan protokol kesehatan, meski secara virtual BLF 2020 tetap menjadi wadah dan ajang untuk seluruh komunitas dan UMKM di seluruh Kabupaten Barru untuk menunjukkan potensinya” Tutup Adriansa, Kamis (20/8/2020)

Penulis : Rian Fahardhi