Beppa Janda, Betulkah Kuliner Buatan Janda ?

Beppa Janda merupakan salah satu kue tradisional yang unik dan masih bertahan sampai saat ini. Kampung yang memproduksi kue inipun juga unik sahabat Barru.org. keadaan kampungnya pula sama dengan nama kue tradisional tersebut. Beppa Janda merupakan kue tradisional berbahan dasar Gula Merah. Jika dilihat dari tekstur dan rasanya sudah sangat kental akan gula merah yang juga produksi terbesar di Kabupaten Barru ini. Unik kan sahabat Barru.org?

Lalu bagaimana dengan proses pembuatannya. Awalnya Gula merah kita masak sampai mendidih, kemudian ditambahkan minyak dan potasium jmenjadi satu. Setelah terlihat berwarna kecoklatan, lalu kita angkat dan masukkan adonan tadi ke dalam wadah baskom besar untuk dicampurkan lagi dengan terigu. Kemudian adonan di diamankan sehari semalam.

Esok harinya adonan yang telah kita diamkan sebelumnya lalu kita tambahkan lagi terigu sambil diaduk rata sampai adonan kue ini betul-betul mengeras. Menurut narasumber kami sebagai orang yang telah lama membuat kue tersebut, kunci rasa beppa janda ini tergantung takaran adonan dari masing-masing bahan yang dicampur jadi satu.

Meskipun proses-nya kelihatan simple namun perlu perhatian khusus agar supaya kue ini bisa bertahan lama. Kue ini termasuk jenis kue yang tidak memakai bahan dasar mentega seperti kue-kue lainnya yang mempunyai daya tahan lama dari mentega. Inipula lah yang menjadikan Beppa jadi ini agak sulit untuk dipasarkan di supermarket atau menjadi oleh-oleh dengan kemasan menarik.

Menurut ibu Rusnawati “Beppa Janda ini dek cepat menjamur paling bertahan itu sampai 2 minggu jie karena tidak boleh dimasukkan ditempat yang tertutup karena tidak memakai mentega, jika kami memakai bahan mentega kami takut jika khas beppa janda ini hilang dan tidak lagi disukai. Jadi kami disini di kampung beppa janda khususnya masih sangat terkendala dengan proses pengemasan” papar ibu sambil memperlihatkan adonan kuenya. Sekalipun ada produksi yang memakai kemasan itu hanya bisa bertahan 2 minggu saja, selebihnya pasti akan menjamur. Karena kecintaan mereka terhadap kue ini yang sudah menjadi produksi turun temurun hingga Beppa janda ini masih bertahan sampai saat ini. Kampung yang ada di Dusun bonto lampe Desa lompo tengah Kecamatan Tanete riaja memang sangat di kenal produksi Beppa janda.

Terkait cerita kampung produksi Beppa janda ini, memang menurut bapak Dusun yang kami temui “Di kampung ini sudah lama penduduknya berproduksi kue tradisinional ini bahkan hampir sebagian besar penduduk perempuan disini berstatus janda, ntah katanya kebetulan atau tidak ntah itu pula yang mengawali lahirnya nama dari Beppa janda ini yang diawal pembuatannya di buat oleh seorang janda.

Laporan : Asriadi Rijal

ORDER

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *