Eksotisme Celebes Canyon Barru ( Sungai Ule’ )

3DSC_0009Saweran Dari : Andi Ahmad Irfa 

Jika di Amerika ada Grand Canyon dan di Pangandaran, Jawa Barat, ada Green Canyon, maka di Sulawesi Selatan ada Celebes Canyon. Lokasinya berada di Kabupaten Barru tepatnya di Sungai Ule, Desa Libureng Kecamatan Tanete Riaja Barru. 

Jarak tempuh lokasi ini sekitar 100 kilometer dari arah kota Makassar, melewati Kabupaten Maros, Pangkep dan Barru. Arah Celebes Canyon ini mengikuti arah jalan menuju Kabupaten Soppeng, tepatnya di Pekkae. Setiba di Pekkae, jika pengunjung datang membawa kendaraan, sebaiknya dititip di rumah warga. Perjalanan ke Sungai dengan bebatuan dan tebing-tebing ini menyita waktu sekitar 15 menit dengan melewati sawah sambil menyaksikan panorama alam pegunungan yang menjulang ke langit dengan view eksotis alam Barru.

Disebut Celebes Canyon karena bentuknya hampir mirip Grand Canyon di Amerika, dan karena destinasi ini berada di Sulawesi Selatan, maka disebutlah Celebes Canyon. Salah satu obyek wisata andalan di Sulsel ini memang belum banyak dikunjungi oleh wisatawan, tetapi sudah ada beberapa anak pencinta alam yang datang ke lokasi wisata ini.

Fasilitas pendukung seperti warung, toilet, dan sebagainya memang belum ada, tetapi jika Anda ingin melancong ke sini, sebaiknya membawa bekal makanan dan minuman. Jika Anda ingin menikmati pesona alam di Celebes Canyon dan harus membuat Anda untuk menginap, alangkah bagusnya jika Anda membawa peralatan kemah seperti tenda dan peralatan lainnya. Tempatnya sangat cocok untuk pecinta alam, di sini bisa bakar-bakar ikan sambil menikmati gemericik air yang bergemuruh dari bibir sungai Ule ini.

Saat itu reporter Makassar Terkini ke Celebes Canyon bersama beberapa teman, salah satunya dari Astra Group yakni Bimo Cahyadi yang juga Kepala Cabang Garda Oto Makassar. Perjalanan dipandu oleh salah satu anggota komunitas Jalan-Jalan Seru Barru bernama Awaluddin.

Menurut Awaluddin, jika para pelancong ingin berkunjung ke lokasi ini, sebaiknya saat cuaca cerah agar benar-benar bisa menikmati panorama alam yang ditawarkan Celebes Canyon. Ada beberapa aktifitas bisa dilakukan pelancong di sini, selain menikmati hamparan tebing karts putih dan cokelat, para pelancong juga bisa berenang di aliran sungai yang bersih dan segar di sela-sela bebatuan. Di samping itu, para pelancong juga dapat melakukan aktifitas alam lain seperti river tubing menggunakan ban pelampung, flying fox, rock climbing, serta fun camp yang  menambah keseruan petualangan pengunjung.

Bimo, salah seorang pengunjung Celebes Canyon asal Jawa Timur, mengakui destinasi wisata ini sangat eksotis. Ia memberanikan diri ke Celebes Canyon karena penasaran dengan panoramanya setelah searching di google. “Sajian panorama Celebes Canyon sangat bagus, hanya saja perlu dikelola dengan baik oleh pemerintah. Selain itu, lokasi ini juga sangat patut untuk dikunjungi oleh para pelancong,” ujarnya berpromosi.

Jika Bingung Mencari Rute, Silahkan Hubungi Saudara Imam : 082292 4444 38 ( Ketua Jalan2Seru Barru )

Artikel : Makassar Terkini

One Comment

Comments are closed.