Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Barru Melaksanakan Seleksi Peserta Jambore Nasioal Tahun 2016

IMG_20160321_112123_HDR

Kak Zenal Memberikan Arahan Kepada Peserta Seleksi

Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Barru mengadakan seleksi calon peserta Jambore Nasional (Jamnas) Cibubur pada Agustus 2016, di Barru Sport Center selama dua hari.

 

Dalam seleksi yang berlangsung dua hari, tepatnya 21-22 Maret 2016, para anggota Penggalang Pramuka akan dinilai beberapa persyaratan di antaranya persyaratan administrasi, syarat kecakapan khusus, sikap, perilaku, sosial, ketahanan fisik, kemampuan dan kemahiran kepramukaan serta beberapa kemampuan lainnya.

 

“Tiap Gugus depan se-Kab.Barru mengirim 6 (3 putra & 3 putri) wakil-wakil terbaik mereka untuk kembali diseleksi di tingkat Kabupaten,”

 

Peserta seleksi ini diikuti 127 peserta yang terdiri dari 67 Putra & 60 Putri anggota Pramuka dari sejumlah pangkalan SMP/MTs,Negeri & swasta se-Kab. Barru.

 

IMG_20160321_114951

Peserta didik dinilai oleh Tim Juri

Menurut Kak Mallewai, S.pd., M.Pd. LGT selaku Wakil Ketua Kwarcab Barru, seleksi ini sangat ketat. Karena nantinya mereka akan mewakili Kontinengen Barru pada Jamnas di Cibubur.

 

Dari 127 peserta yang mendaftar kami akan seleksi menjadi 32 orang, 16 putra dan 16 putri. Jadi, mereka harus benar-benar peserta didik yang tangguh serta mengikuti ketentuan dan aturan yang sudah ditetapkan.

 

”Semua kriteria tersebut akan dinilai tim seleksi yang ditunjuk oleh Kwarcab Pramuka Kab. Barru,”

 

Untuk itu ia, berharap melalui seleksi yang ketat dan dilakukan selama 2 hari penuh ini akan mendapat peserta didik yang betul-betul memiliki ketangguhan, kemahiran, keahlian dan pemahaman di bidang kepramukaan. “Mereka yang terpilih selanjutnya akan kami beri pembinaan dan pelatihan agar betul-betul siap mengikuti Jambore Nasional di Cibubur,” ungkapnya

 

IMG_20160321_145811

Peserta didik sedang melakukan tes tertulis di Barru Sport Center

Sementara itu, Kak Muh. Sabirin, S.Sos., M.Si. LT selaku Sekretaris Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kab. Barru menyatakan bahwa, Jamnas merupakan pertemuan Pramuka Penggalang se-Indonesia dalam bentuk perkemahan besar yang diselenggarakan oleh Kwartir Nasional (Kwarnas). Jambore Nasional ini dilaksanakan setiap lima tahun sekali.

 

“Tidak semua anggota Pramuka bisa mengikuti kegiatan ini, kecuali mereka yang lolos seleksi,” ujarnya saat memberi arahan kepada peserta seleksi Jamnas.

 

“Menjadi anggota Pramuka yang tangguh dan mandiri berarti harus melewati berbagai persyaratan yang tidak mudah,” tuturnya.

 

”Sebelum mereka berangkat ke Jamnas, mereka akan dibekali pengetahuan-pengetahuan kePramukaan agar mereka mampu menguasai dan paham teknik-teknik kepramukaan yang didasari Dasa Darma & apabila mereka sudah kembali ke Gugus Depannya masing-masing mereka akan bisa menjadi contoh/panutan untu peserta didik di Gugus depan mereka sendiri.

 

Penulis : Muh. Jamal