Mappadendang_Poster
Bagi masyarakat suku Bugis kabupaten Barru ada beberapa komunitas petani kampung yang mempunyai tradisi budaya menyambut hasil panen padi yang disebut dengan Mappadendang, diantaranya ada mappadendang sere api yang ada di kecamatan Pujannanting, mappadendang pencat silat di kecamatan tanete riaja, mappadendang Mabbolo (pesta panen) di kecamatan Barru dan Mappadendang lawasuji yang ada di kecamatan Balusu.

Hal ini merupakan tradisi budaya masyarakat yang masih sangat dipertahankan akan kelestarian budaya, bahkan menjadi acara tudang sipulung atau silaturahim bersama untuk masyarakat petani. Hal demikian merupakan kesyukuran akan nikmat yang diberikan oleh sang pencipta telah memberikan Panen yang berlimpah.

Acara budaya masyarakat ini (Mappadendang) merupakan kegiatan yang harus selalu terlaksana dalam setiap tahunnya karena jika tidak dilaksanakan sesuai kepercayaan adat masyarakat hasil panen tidak akan baik dan akan ada hal negatif yang terjadi dikampung tersebut biasa juga dari salah satu pemangku adat akan sakit. Hal ini berlaku bagi masyarakat Kecamatan Balusu yang masih mempertahankan budaya ini.

Mappadendang itu sendiri merupakan acara adat yang sudah ada dari zaman leluhur sampai sekarang, untuk tahun ini khusus Dusun Lampoko Kecamatan Balusu direncanakan tanggal 14 April 2017 ba’da Magrib atau Jumat malam dengan ritual dimulai Mappangngolo, Massure’ yaitu dibacakan tentang Meong Palo Karellae dalam epos La Galigo selanjutnya dimulailah membunyikan lesung atau Palungeng, kuliner khas Mappadendang adalah Bette, hiburan biasanya Pencak Silat, kecapi yang senada dengan bunyi alu dan lesung ditambah Pasere Api. Kata ibu Uci salah satu panitia dalam acara tersebut.

Beliau juga memaparkan bahwa turut akan dihadiri Bapak PLt Bupati Barru, yang pasti pesta panen ini akan lebih meriah dari tahun sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>