Jika Anda Melihat Papan Peringatan Ini di Barru Berarti Anda Memasuki Kawasan Anak Perjaka

12874489_1212828022068445_384035911_o (1)

Papan Penunjuk Jalan Yang di Bawahnya Terdapat Tulisan Unik

Sekilas nampak biasa saja dan tak ada yang spesial dengan papan nama jalan ini, namun tahukah anda jika di perhatikan lebih teliti lagi, dibawah tulisan nama jalan tersebut ada papan peringatan kecil yang membuat anda tak akan berkedip sedikitpun melihatnya. Papan tersebut bertuliskan,

 

“SELAMAT DATANG, ANDA MEMASUKI KAWASAN ANAK PERJAKA. TRM KSH TDK COLEK KAMI”.

 

Benar saja, tulisan ini ada pada salah satu jalan yang berada di Dusun Lapasu, kecamatan Balusu, Kabupaten Barru. Jika anda pernah ke Rumah adat “Sao Raja Lapinceng” anda akan menemukan papan peringatan tersebut di gantung di pinggir jalan sebelum memasuki kawasan.

 

Papan peringatan tersebut bermaksud  memberikan pesan bagi siapa saja yang datang atau sekadar melintas di kampungnya agar tidak asal masuk sembarangan, ada tata tertib yang harus anda taati. Rupanya penduduk sekitar paham betul, dari tulisan tersebut terlihat bahwa mereka sangat menjunjung tinggi norma-norma adat yang berlaku di tempat itu.

 

Saat Barru.Org datang ke dusun tersebut (23/3/2016), kami pun mencoba menggali informasi mengenai papan peringatan itu. Kami bertemu dengan ibu Aisyah (45 Tahun) salah satu warga lokal. Wanita paruh baya ini menjelaskan bahwa papan itu sudah ada sejak dulu. “Saya tak tau menau siapa yang pertama kali menggantung papan peringatan itu di tiang jalan, namun saya menduga itu hasil tangan pemuda setempat” tuturnya.

 

Jika di hubungkan dengan kacamata sejarah, dusun Lapasu merupakan salah satu kawasan cagar budaya di Kabupaten Barru, sebagai bukti yaitu Sao Raja Lapinceng berada di kawasan tersebut. Wajar saja kalau penduduk sekitar masih sangat kental dengan budaya sopan santun yang melekat sampai saat ini.

Penulis : Achmad Afandy

 

received_10205457710753354

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *