Kursi Rotan Binuang, Desain Futuristik Harga Ekonomis

BARRU.ORG – BALUSU. Batang rotan dikenal memiliki beragam kegunaan. Orang-orang kadang memanfaatkannya untuk berbagai macam kebutuhan, misalnya sebagai pelengkap menu makanan, hingga bahan kerajinan tangan.

Untuk jadi bahan kerajinan tangan sendiri, batang rotan punya nilai seni dan daya jual tinggi. Hal tersebutlah yang memicu semangat Syarifuddin (62) warga Desa Binuang, Kecamatan Balusu mendirikan usaha pembuatan kursi berbahan rotan.

“Ide membuat kursi rotan ini sebenarnya berawal dari coba-cobaji. Saya memilih rotan karena bahannya mudah ditemui. Jadi saya coba tekunimi dulu,” kata Syarifuddin kepada Barru.Org saat ditemui di tempat produksinya. Proses pembuatan sebuah kursi rotan ternyata butuh waktu yang lama. Mulanya pengambilan rotan, kemudian digoreng dulu dengan minyak tanah, lalu dikeringkan hingga waktu dua minggu.

“Untuk proses pembuatan itu cukup lama, satu set kursi bisa sampai tiga minggu masa produksi,”ucapnya.

Meski demikian, setelah menekuni proses cara pembuatannya, Syarifuddin mengaku baru di tahun 2010 dia berani untuk memasarkan hasil produksinya.”Biarpun sudah lama saya tekuni bikin kursi begini, tapi nanti tahun 2010 saya punya keberanian untuk jual sama orang-orang. Untuk harga satu set kursi saya jual bervariasiji, dari harga Rp.2-5 juta. Tergantungji selera konsumen,” jelasnya.Salah satu pelanggannya, Erni (36) mengaku menyukai kualitas kursi rotan buatan syarifuddin.

“Saya awalnya ragu membeli, karena promosinya lewat cerita dari mulut kemulutji. Tapi setelah saya buktikan sendiri ke tempat produksinya, saya lihat kualitas kursinya memang bagus dan rapi. Waktu itu saya beli satu set langsung karena harganya lumayan murah ji,” cerita Erni. Diusianya yang senja, Syarifuddin berharap agar usahanya ini bisa bertahan dan penjualan kursinya laris manis.

“Sumber pendapatan sehari-hariku itu cuman bergantungji dari hasil penjualan kursi rotan ini. Jadi untuk putar modal lagi dan untuk makan sehari-hari ada semua distu,” ungkapnya.

“Meskipun begitu, yang namanya usaha itu tidak pernah berjalan mulus. Pernah saya tidak produksi lama karena tidak cukup modal. Seandainya saja ada bantuan pemerintah, saya berharap dibantu modal untuk mengembangkan ini usahaku,” tambahnya.

Bagaimana ? Berminat untuk memiliki kursi rotan ini. Hubungi pak Syarifuddin via telpon 081 222 090 435

Penulis : Asriadi Rijal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *