Kwartir Cabang Barru Mengikuti Pembukaan Jambore Nasional di Cibubur

HARI Ulang Tahun ke-55 Pramuka merupakan sebuah momentum bertepatan dengan pelaksanan Jambore Nasional (Jamnas) yang akan berlangsung  14 – 21 Agustus di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta dan rencananya akan dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo.

Dalam kegiatan ini pastinya seluruh Kwartir Cabang Se-Indonesia khususnya Pramuka Satuan Penggalang baik putra dan putri akan hadir dalam memeriahkan semarak Jamnas pada tahun ini, Tidak hanya dipenuhi lautan peserta didik saja, tetapi juga kakak-kakak pembina yang sudah tidak lagi muda namun sangat antusias mengikuti Jamnas kali ini.

Presiden Joko Widodo yang membuka Jambora Nasional (Jamnas) X 2016 di Bumi Perkemahan Cibubur pagi ini. Jokowi sebagai Ketua Majelis Pembimbing Nasional (Mabinas) Gerakan Pramuka akan memimpin upacara dan menyampaikan sambutannya.

“Ini kegiatan besar dan bermanfaat. Kegiatan ini dijadwalkan akan dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo,” kata Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault menambahkan, 25 ribu peserta Jambore Nasional yang berusia 11-15 tahun akan punya pengalaman bersama dalam kegiatan ini. Ada 25 ribu pramuka tingkat pengalang dari seluruh Indonesia dan 225 peserta dari luar negeri yang berpartisipasi dalam kegiatan ini. “Jambore Nasional mempertemukan anak-anak kita dari seluruh Indonesia,cerita tentang berkemah, tidur bersama di tenda, menjelajah alam. Perkemahan itu perekat, jika suatu hari ada perbedaan yang bisa menyebabkan perpecahan, maka mereka akan ingat pernah berkemah bersama,” tutur Adhyaksa. 20160814101645_IMG_1381_1 Selain Presiden, acara pembukaan Jamnas X juga akan dihadiri tokoh nasional, pejabat negara, kepala daerah dan juga pimpinan kepanduan dari negara-negara ASEAN,” imbuh Adhyaksa.

Dalam upacara pembukaan hari ini, Kwarnas akan memberikan penghargaan kepada 38 tokoh yang berkontribusi besar terhadap pengembangan dan kemajuan Pramuka Indonesia.

Upacara pembukaan Jambore Nasional dengan tema ‘Keren, Gembira, Asyik’ ini juga akan dimeriahkan agenda pemecahan rekor MURI dalam bentuk penerbangan 1000 Chuck Glider oleh 1000 peserta Jamnas. Chuck Glider adalah model pesawat ringan dengan teknologi pesawat udara yang diterbangkan dengan cara dilemparkan.

Sekretaris DKC Pramuka Kabupaten Barru, Muh. Jamal Sissiri mengatakan walaupun panas dan hujan yang dialami di Perkemahan ini peserta dari Kwarcab tetap antusias mengikuti kegiatan Jambore ini, kondisi peserta saat ini sendiri masih dalam keadaan sehat sepenuhnya, bahkan mereka saling berbaur dengan peserta dari kabupaten lainnya bergembira dalam mengikuti Jamnas tahun ini, peserta yang kami ikutkan salama jammas ini yang masing-masing umur 11 sampai 15 tahun dan jumlah yang di ikutkan sebanyak 50 peserta, terdiri dari 32 pramuka penggalang, 2 pramuka penegak, 8 pramuka pandega, 1 pramuka siaga, 4 pembina pramuka, 3 pengurus kwartir cabang.

Dan kami akan menunjukkan bahwa Pramuka Barru adalah Pramuka yang hebat, dirinya juga  berharap dan yakin bahwa kontingen Barru pasti akan pulang membawa pengalaman yang luar biasa yang bisa diterapkan di Gudep masing – masing.

Satu hal yang harus direnungi ketika menjadi seorang pramuka sejati, bagaimana menjadi manusia yang bermanfaat bagi Agama, Keluarga, Masyarakat, bangsa dan Negara,”Selamat Hari Pramuka, semoga Pramuka jaya selalu dan melahirkan tunas-tunas muda yang bisa membawa kita kearah yang lebih baik, Salam Pramuka.” Redaksi Barru.org