Mau ke Celebes Canyon Barru ? Sebaiknya Baca Ini !

        3DSC_0009

            Sungai Ule’ atau lebih dikenal dengan Celebes Canyon. Adalah merupakan primadona wisata @OrangBarru ditahun 2015 ini. Wisata sungai bebatuan ini kini dipadati pengunjung setiap harinya. Awalnya celebes canyon ini mulai terpublish ke media sosial oleh teman teman pengurus jalan jalan seru makassar ( @jalan2seru_mks kala itu ) yang sedang melakukan trip ke tempat tersebut.

            Awalnya masih kurang respon, tapi saya memang sudah melihat bahwa tempat ini sangan berpotensial untuk menarik wisatawan berkunjung. Barulah di tahun ini dengan beriringan banyaknya komunitas pejalan yang berlomba lomba mencari tempat trip yang murah tapi awesome.

            Celebes Canyon terletak di Desa Libureng Kecamatan Tanete Riaja Kab. Barru, tepat di jalan raya poros Barru – Soppeng. Sekitar 23 Km ( mengukur menggunakan sepeda motor 24415,1 – 24437,8 km ) dari poros Pekkae menuju arah Soppeng. Jalanan yang dilewati mulus dengan sedikit beberapa tanjakan dan belokan.

Petunjuk Rute :

Dari Arah Makassar

Belok Kanan di Lampu Merah Perapatan Poros Barru Makassar – Barru Soppeng ( Pekkae )

Pekkae – Tampung Cinae – Ele – Lisu – Ralla – Watu ( Lokasi Celebes Canyon )

Silahkan Cek Gambar rumah dibawah ini, ( dipagar rumah itu ada petunjuk jalan yang di Buat oleh Barru.Org )

Dari Arah Pare Pare

Belok Kiri di Lampu Merah Perapatan Poros Barru Makassar – Barru Soppeng ( Pekkae )

Pekkae – Tampung Cinae – Ele – Lisu – Ralla – Watu ( Lokasi Celebes Canyon )

Silahkan Cek Gambar rumah dibawah ini, ( dipagar rumah itu ada petunjuk jalan yang di Buat oleh Barru.Org )

IMG_5318

            Di celebes canyon, wisatawan akan dikenakan biaya sebesar 5000 rupiah untuk setiap kendaraan yang parkir ( Warga sekitar berniat untuk menggunakannya sebagai dana untuk memperbaiki jalan menuju lokasi yang masih tanah bebatuan bergelombang ).

            Berikut saya bagikan tips yang ingin berkunjung kesana :

  1. Siapkan bekal dll karena disana masih sedikit penjual yang menjajakan jajajan ( sudah ada sih kayak minuman dingin, jagung dll )
  2. Siapkan uang parkir sebesar 5000 rupiah untuk perbaikan wisata oleh Warga sekitar.
  3. Bawalah pakaian ganti bagi anda yang ingin segera menceburkan kepala di air celebes canyon 😀
  4. Sebaiknya menggunakan motor, karena ada jalan yang sudah tidak bisa di lewati oleh mobil. ( lumayan menghemat jarak perjalanan kaki ) oh iya perjalanan kaki dari tempat parkir motor sekitar 200 – 300 meter melewati sawah / kebun kacang tanah.
  5. Jika ingin bakar bakar ikan dan sebagainya boleh, silahkan bawa sendiri peralatan dll-nya. TAPI INGAT, SAMPAHNYA JANGAN DI SIMPAN BEGITU SAJA. BAWA TRASHBAG DAN BAWA PULANG SAMPAHNYA ( kami dari Barru.Org menyegerakan untuk mencari donatur untuk menempatkan tempat sampah di sekitar lokasi wisata ) doakan ya ^__^
  6. Apalagi ya ? hmm, bawalah kamera paling kerenmu, karena 99% orang mengatakan kalau Celebes Canyon ini sangat PHOTOGENIC ! terus jangan lupa kalau upload ke Facebook, twitter, instagram, path dll untuk menyertakan Hastag #AyoKeBarru yah. Mention ke @OrangBarru cess.

IMG_5308 IMG_5303 IMG_5297

Selamat Menikmati Celebes Canyon, jadilah pejalan yang menghargai lingkungan  dengan tidak membuang sampah disembarang tempat. Wassalam

Admin Keren Barru.Org

Anca Adrianza

twit: @ancanca_ / insta: @drnza

7 Comments

  1. tawwa..bagusna blog na om supet,kenapa nda ada galery untuk pete-petenya =))eh bikin ki shuotbox, keknya bakalan banyak itu yang coret-coret ), senang bisa berkunjung walaupun barongkonya cuma dalam bentuk gambar

  2. Jadi klo naik mobil, mobil parkir dimn bro? Bsk sy rencana mau kesana hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *