Memilih Web Hosting Terbaik Dengan Cerdas

banner-web-hosting

gambar dari : http://www.commercechemistry.com/

Memasuki era 2015, dan anda seorang pebisnis ? profesional ? karyawan ? rasanya anda akan ketinggalan jaman ketika tidak mengenal yang namanya website. Di era 2015, seseorang sudah memanfaatkan website sebagai media paling optimal untuk melakukan personal / bussiness branding. Setiap harinya, jutaan orang menggunakan internet untuk mengakses berita atau apapun yang ia cari.
Dalam branding personal maupun bisnis, ada beberapa hal yang harus di perhatikan seyogyanya agar tidak terlihat katro’. Beberapa hal yang saya masuk adalah sebagai berikut :
1. Nama Domain
Hal yang pertama harus diperhatikan seseorang / perusahaan dalam melakukan branding di internet adalah bagaimana memilih nama domain yang tepat. Tepat disini mencakup hal yakni sesuai dengan nama personal, perusahaan maupun kata yang berkaitan dengan perusahaan. Dalam memilih nama domain, hendaknya singkat dan mudah diingat tentunya.
2. Web Hosting
Nama domain sebaik apapun yang anda pilih akan tidak baik ketika anda memilih web hosting yang salah. Maksudnya memilih web hosting yang memiliki brand terbaik.
– Dalam memilih web hosting sebaiknya anda memilah web hosting yang nama perusahaan / brandnya jelas. Dalam hal ini terdapat alamat dan nomor telpon serta nama pemilik dari perusahaan tersebut. Sebaiknya anda menelpon ke nomor kontak yang tertera di website web hosting yang hendak ada pilih, sambil bertanya tanya mengenai hal berkaitan dengan web hosting. Mengapa saya mengatakan hal ini penting ? karena kejelasan mengenai layanan web hosting adalah yang terpenting dalam memilih. Karena apabila hal ini sudah tidak jelas, Maka sudah dipastikan hal lainnya akan lebih buruk. Perlu juga anda ketahui perusahaan tersebut sudah berjalan berapa tahun, dan bagaimana testimoni pelanggannya.
– Selanjutnya ketika sudah menentukan web hosting untuk personal / perusahaan anda. Silahkan memperhatikan bagaimana layanan support / keluhan pelanggan dari penyedia hosting tersebut. Hal ini penting karena, tidak ada yang bisa menjamin website anda akan terakses baik setiap hari. Ketika ada kendala, pastinya yang paling berperan penting adalah layanan support dari perusahaan penyedia hosting tersebut. Sebaiknya anda memilih penyedia web hosting yang memiliki layanan support 24 jam. Bagaimana mengetahuinya ? coba coba saja memberi keluhan / pertanyaan di malam hari, ketika anda mendapatkan tanggapan yang jelas. Otomatis penyedia web hosting itu bisa diandalkan.
– Setelah memperhatikan layanan supportnya, sebaiknya kita melihat Harga. Banyak web hosting yang meberikan harga sangat murah, tapi ketika sudah berlangganan apa yang terjadi ? servernya berspesifikasi rendah, karena adanya pemotongan biaya operasional. Sebaiknya anda menggunakan prinsip Ada harga, ada kualitas. ^_^

– Status kepemilikan domain ? ini juga bisa menjadi parameter anda. Banyak web hosting yang memberikan pelayanan kurang transparan, terlebih dalam hal status kepemilikan domain. Terkadang domain yang kita beli tidak jelas status kepemilikannya, apa benar benar terdaftar atas nama anda atau tidak.

– Fitur dan kualitas hosting adalah hal terakhir yang harus anda perhatikan, mengapa ? ini akan berpengaruh pada kualitas website anda. Sebaiknya anda mempelajari tentang kualitas hardware hosting dan melihat spesifikasi hardware penyedia hosting yang anda pilih. Anda boleh menggunakan jasa google untuk mencari mengenai kualitas hosting yang anda pilih. Anda bisa menilai sendiri dari hasil pencarian google.

qwordslogo

Saya sendiri lebih memilih Qwords sebagai web hosting saya selama 3 tahun terakhir, kenapa ? Qwords jelas status kepemilikan, nama perusahaan, alamat, nomor telpon / kontak layanannya. Qwords dalam melayani keluhan dari customer sangatnya cepat, pernah waktu itu, saya sedang memperbaiki website di jam 3 subuh. Iseng saja mencoba layanan support di www.qwords.com hasilnya ? saya mendapat respon tidak kurang dari satu menit. Dan beberapa saja, masalah website saya sudah diselesaikan. Begitupun dengan status kepemilikan domain kita di who.is. ( anda bisa cek status kepemilikan website ini di http://who.is/website-information/barru.org ). Apalagi mengenai fitur dan kualitas hostingnyam Qwords sudah sangat tidak diragukan lagi. Qwords yang sekarang sudah beranjak di umur yang 10 tahun ( kalau sekolah, sudah kelas 4 SD ) ini sangat memperhatikan mengenai fitur dan kualitas hardware yang digunakan. Saya bangga menggunakan Qwords sebagai web hosting saya, saya bangga memakai produk asli Indonesia.

5 Comments

  1. Cukup bermanfaat artikelnya. Kalau sekarang aku udah langganan di Niagahoster dan rencananya mau diperpanjang. Recommended juga kok gan niagahoster

Comments are closed.