Mencari Inspirasi Bersama Kelas Inspirasi Barru

Kelas Inspirasi merupakan solusi bagi para profesional Indonesia yang ingin berkontribusi dengan mengajar di lingkungannya. Hal ini membuka pintu interaksi positif antara kaum profesional dengan sekolah tempat dia berpartisipasi. Partisipasi para profesional tersebut untuk mengambil cuti sehari dan berbagi pengalamannya bersama anak-anak SD, merupakan partisipasi berbasiskan individu, bukan institusi. Ini menunjukkan bahwa kepedulian dan kesadaran pribadi terhadap pendidikan masih tinggi. Kelas Inspirasi adalah kegiatan yang mewadahi profesional dari berbagai sektor untuk ikut serta berkontribusi pada misi perbaikan pendidikan di Indonesia. Melalui program ini, para profesional pengajar dari berbagai latar belakang diharuskan untuk cuti satu hari secara serentak untuk mengunjungi dan mengajar di SD, yaitu pada Hari Inspirasi.

Selanjutnya para profesional ini disebut relawan pengajar. Relawan pengajar berinteraksi di sekolah untuk berbagi cerita dan pengalaman kerja dan memberi motivasi untuk meraih cita-cita bagi para siswa. Interaksi relawan pengajar dengan warga sekolah dilakukan untuk membuka ruang komunikasi dan kolaborasi antar keduanya melalui pengalaman mengunjungi, mengajar, dan berinteraksi selama hari inspirasi termasuk masa persiapannya.
Kegiatan Kelas Inspirasi Barru yang diadakan pada 25 Februari 2017 di 7 Kecamatan yg ada di Kabupaten Barru. Yaitu :
1. Kecamatan Barru lokasinya di SDI Kamara
2. Kecamatan Tanete Rilau di SDI Matajang
3. Kecamatab Tanete Riaja di SDI Botto Lampe
4. Kecamatan Pujananting di SDI Padang Lampe
5. Kecamatan Balusu di SDI Bawa Salo
6. Kecamatan Soppeng Riaja di SDI Wiring Tasi
7. Kecamatan Malluse Tasi di SDI Bojo Utara.

“Tujuan awal dari KI Barru adalah menjadi gerbang keter-libatan para profesional dengan realita dunia pendidikan dasar di kabupaten barru, serta di Indo-nesia pada umumnya. Para profe-sional diajak untuk menceritakan mengenai profesinya. Harapan-nya, para siswa akan memiliki le-bih banyak pilihan cita-cita serta menjadi lebih termotivasi untuk memiliki mimpi yang besar” kata Achy Selaku Sekertaris KI Barru .

Bagi para profesional pengajar, Kelas Inspirasi dapat memberi pengalaman mengajar di depan kelas sebagai bentuk kon-tribusi nyata dan aktif terhadap perbaikan masa depan bangsa. Interaksi antara para profesional dengan siswa dan guru SD diha-rapkan dapat berkembang nan-tinya menjadi lebih banyak gaga-san dan kegiatan yang melibatkan kontribusi kaum profesional.

17990579_1679841005651083_3601816603642676365_o