Nenek Idalle dan indahnya panorama dusun Lakeppo

Kecamatan Tanete Riaja merupakan salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Barru. Daerah yang memiliki pesona alam yang begitu indah, kekayaan alam pegunungan dan persawahan menjadikan kecamatan Tanete Riaja kaya akan pesona wisata. Salah satunya berada di Dusun Lakeppo.

 

12891591_10205918197695958_496666382183408620_o

photo bersama saat camping di bukit lakeppo

Di Lakeppo, team barru.org menemui keluarga nenek Idalle. Perempuan umur 80-an tahun ini adalah salah satu warga yang menghuni dusun lakeppo yang menurut informasi ternyata dusun ini hanya memiliki sekitar 7 rumah saja. Nenek Idale tinggal 6 orang bersama anak, suami dan cucunya.

 

20160403_082051

Nenek Idalle Bersama Cucunya di Rumah

Keluarga Idalle sudah lama tinggal di dusun ini, akan tetapi baru sekitar beberapa tahun berpindah ke rumah saat kami menemuinya. Akan tetapi walaupun terbilang jauh dari pemukiman lainnya, hal ini tidak membuat mereka ingin pindah dari tempat kediamannya, mereka merasa tempatnya sekarang sudah memberikan penghidupan yang memadai. Baik itu dari hasil panen maupun dari hasilnya beternak.

 

IMG_20160403_081643

Rumah Nenek Idalle, Tempat Tinggalnya Bersama Keluarga

Di dusun Lakeppo hingga saat ini memang belum terjangkau listrik PLN, tapi dari informasi Idalle menyebutkan bahwa Pemerintah sangat memperhatikan keadaan warga yang tinggal di wilayah tersebut. I Dalle memperlihatkan kepada kami bantuan dari pemerintah yakni bantuan listrik tenaga surya yang bisa digunakan menjadi sumber penerang untuk keluarganya di malam hari. Bantuan ini seingatnya sudah ada sejak 4 tahun silam. Selain itu pemerintah juga ikut andil dalam mensejahterakan warga dengan membangunkan jembatan gantung sebagai jalur kendaraan warga saat ini ke pasar atau keluar kota. Jembatan ini juga digunakan untuk mempermudah mengangkut hasil panen mereka, jadi tidak lagi harus melewati sungai.

 

20160403_084905

Jembatan Penghubung Dusun Lakeppo

 

Untuk persoalan pendidikan, keluarga nenek Idale juga sangat memperhatikan masa depan cucunya meski harus berjalan beberapa kilometer untuk sampai ke sekolah. Kesadaran akan pentingnya pendidikan merupakan hal yang sangat mendasar agar kelak mampu meraih cita citanya.

 

Hal seperti ini merupakan salah satu potret kehidupan masyarakat Barru. Berada jauh dari pelosok kota bukan berarti menjadi hambatan untuk meraih kehidupan yang layak. Akan tetapi kesadaran berkehidupan merupakan hal yang paling mendasar untuk mencerminkan kehidupan yang baik.

 

Penulis : Asriadi Rijal

 

One Comment

  1. Semoga Kampung terpencil ini di lirik oleh pemkab Barru

Comments are closed.