Nikahi Gadis Bugis Barru, Ini Mahar dari Pria Asal Korea

Setelah berkenalan lewat Sosial Media, pria korea ini menikahi perempuan idamannya di Dusun Ajakkang Desa Ajakkang Kecamatan Soppeng riaja. Perempuan yang berasal dari kabupaten Barru ini, mula awal pengenalannya di Sosial media sementara pada saat itu perempuan masih dalam jenjang perkuliahan di salah satu kampus negeri di Makassar pada jurusan Sains Geografi sementara pria asal korea ini merupakan alumni militer Korea.

Menurut ust. Rahman yang kami hubungi via telepon, yang merupakan saksi pernikahan ini “Tepat kemarin malam (30/4) mereka melangsungkan pernikahan dengan Mahar sebuah kalung 5 Gram emas disaksikan langsung dari masing-masing keluarga. Dari pihak Laki-laki dihadiri langsung oleh orang tua yang datang dari Negara Korea” paparnya. Sentak peristiwa pernikahan ini jadi perhatian masyarakat Barru. Adat pernikahannya pun memakai tradisi adat Bugis.

iklan 2

Pernikahan merupakan upacara pengikatan janji nikah yang dirayakan atau dilaksanakan oleh dua orang dengan maksud meresmikan ikatan perkawinan secara norma agama, norma hukum dan norma sosial. Upacara pernikahan memiliki banyak ragam dan variasi sesuai dengan tradisi suku, bangsa, agama, budaya maupun kelas sosial. Penggunaan adat atau aturan tertentu kadang-kadang berkaitan dengan aturan atau hukum agama tertentu pula.

Perjuangan yang dimiliki oleh Yoonha Kim dengan Andi Ulil Ilmi cukup panjang. Bagaimana mereka meyakinkan masing-masing keluarganya hingga hari ini bisa melangsungkan pernikahan secara sah. Bahkan pria ini masuk Islam tepat satu minggu yang lalu di Masjid Al-Markaz Makasssr dan rela meninggalkan kampung halamannya di Seol untuk bisa menikah dengan gadis Barru ini bernama Andi Ulil Ilmi dan rencananya akan menetap di Makassar.

Penulis : Asriadi Rijal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *