Oh, Tenyata Ini Makna Logo HUT RI ke-71

Pemerintah Indonesia setiap tahun selalu merilis logo Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI yang dilambangkan dengan angka usia kemerdekaan Indonesia. Tahun ini, logo HUT RI resmi dirilis pada 25 Mei 2016 lalu melalui Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) yang kemudian logonya bisa diakses melalui website setneg.

Nah, sekarang kita sudah dapat melihat logo tersebut dimana-mana, mulai dari kanal televisi hingga banner dan poster peringatan 17 Agustus. Logonya pun bentuknya berbeda dengan logo-logo HUT RI sebelumnya. Seperti yang kita lihat pada gambar, logo HUT RI ke-71 ini bentuknya lingkaran merah yang di dalamnya tertulis angka 71 warna putih.

Menurut Kepala Bekraf, konsep Logo HUT RI ke 71 adalah: Sebagai bentuk kerja nyata yang berkesinambungan maka visual 71 tahun indonesia merdeka memiliki bentuk yang berkelanjutan dari logo 70 Tahun Indonesia merdeka. Lalu, apa makna yang ingin ditanamkan dari logo 71 ini?

Pada logo 71 tahun ini digambarkan dua setengah lingkaran yang mengilustrasikan bilah baling-baling yang dinamis selalu berputar mendorong pesat ke depan. Hal ini menunjukan komitmen pemerintah untuk kerja nyata dalam memajukan Indonesia.

Angka satu yang menembus bidang lingkaran mengarah ke kanan atas merupakan ajakan bagi seluruh lapisan masyarakat agar ber-“satu”, bahu membahu bekerja menembus segala rintangan.

Adapun secara tampilan logo 71 Tahun Indonesia Merdeka bernuansa modern dan sederhana dalam tampilan. Hal ini menunjukan sikap pemerintah yang mengutamakan keterbacaan yang jelas/transparansi/informatif dalam seluruh kerja nyatanya.

psmk.kemdikbud.go.id/
psmk.kemdikbud.go.id/

Sumber : kemdikbud.go.id

One Comment

Comments are closed.