PANCANA MASUK LIMA BESAR SE-SULSEL LOMBA DESA/KELURAHAN TAHUN 2017

HUMASBARRU – Acara penyerahan piala, piagam dan hadiah perlombaan desa dan kelurahan, perlombaan BUMDES Berprestasi, dan perlombaan inovasi teknologi tepat guna (TTG) tingkat provinsi sulawesi selatan di gelar oleh Pemprov Sulsel di Baruga Karaeng Pattingalloang Rujab Gubernur Sulsel, Senin (21/8/2017).
Acara yang dikoordinir oleh dinas pemberdayaan masyarakat dan desa provinsi sulawesi selatan ini mengambil tema dengan semangat kerjasama kita wujudkan pemerintahan desa dan kelurahan yang inovatif dan akuntabel menuju masyarakat yang lebih maju dan sejahtera.
Acara ini dihadiri oleh Gubernur Sulsel H. Syahrul Yasin Limpo beserta Ketua TP PKK Prov. Sulsel, serta sejumlah Bupati/walikota se Sulsel bersama istri.
Plt. Bupati Barru H. Suardi Saleh hadir bersama wakil ketua TP PKK Kab. Barru drg. Hj. Hasnah Syam MARS, turut mendampingi kepala dinas BPMD Barru Drs. Nasruddin, M.Si, Camat Tanete Rilau dan Kades Pancana.

20953042_1666085620077240_2714065503457242944_n

Pada lomba desa/kelurahan tahun ini wakil Kabupaten Barru Desa Pancana Kecamatan Tanete Rilau berhasil masuk lima besar dengan menyabet juara harapan satu. Peringkat tertinggi di rebut oleh Desa Batu Belerang kecamatan sinjai borong kab. Sinjai.
Dalam ajang Bumdes berprestasi, Bumdesa Sipurennu dari desa Rompegading Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng berhasil meraih juara satu. pada lomba inovasi teknologi tepat guna, alat aplikasi anti begal yang digagas oleh Syahrir utusan Poltek Negeri Ujungpandang kota Makassar meraih juara satu.

Gubernur Sulsel H. Syahrul Yasin Limpo dalam arahan singkatnya menyampaikan selamat kepada para pemenang lomba, sambari mengingatkan kepada segenap desa/kelurahan se Sulsel agar melakukan perencanaan program kegiatan sebaik mungkin untuk mencapai hasil kinerja yang baik dan berprestasi.

Diajang lomba desa/kelurahan kali ini, Pemkab Barru berhasil memperbaiki peringkatnya dibanding tahun lalu, drg. Hj. Hasnah Syam selaku wakil ketua TP PKK Kab. Barru sangat mengapresiasi kerja keras tim pembina lomba desa dan kelurahan Kabupaten Barru yang menempati posisi harapan satu ditahun 2017 ini. Hj. Hasnah Syam berharap kedepannya prestasi Desa/Keluarahan yang mewakili Kabupaten Barru dapat lebih baik lagi.

Sementara itu terkait hal ini, Plt. Bupati H. Suardi Saleh kembali mengingatkan kepada jajarannya dan semua pihak terkait agar terus melakukan perbaikan perbaikan untuk meningkatkan prestasi ditahun tahun mendatang. Menurut beliau, hal penting yang harus dilakukan adalah penerapan semua indikator indikator sebagai desa/kelurahan yang baik kepada seluruh desa/kelurahan yang ada dalam wilayah Kabupaten Barru. Semua desa/kelurahan harus memiliki standar operasional yang jelas dan memenuhi standar pelayanan sebagaimana fungsi yang seharusnya. Ajang lomba adalah motivasi sekaligus sebagai sarana uji kerja dan kinerja bagi para Kepala desa, lurah dan para jajarannya. “Lomba itu salah satu sarana untuk menguji kinerja kita, pelajari apa yang kurang dan segera lakukan perbaikan, yang sudah baik agar dipertahankan”, tegas beliau.
Dalam setiap kesempatan, Plt. Bupati Barru H. Suardi Saleh senantiasa mengingatkan agar dana desa dapat dimaksimalkan sebaik baiknya, bukan hanya untuk infrastruktur tapi juga pada pengembangan kegiatan sosial budaya dan keagamaan. “Infratruktur desa sangat penting, sama pentingnya dengan pengembangan kehidupan sosial budaya dan keagamaan masyarakat desa”, ungkapnya.
Untuk Bumdes, H. Suardi Saleh menilai, kejelian, kreativitas dan wawasan seorang kepala desa bersama jajarannya sangat menentukan. Seorang Kepala desa harus mampu membaca kekuatan, potensi, peluang dan kelemahan yang dimilki wilayahnya. “Perkembangan sebuah Bumdes di desa sangat ditentukan oleh kreativitas dan kejelian kepala desa, mereka harus mampu membaca potensi, peluang dan kelemahan yg dimiliki serta bagaimana memaksimalkan potensi itu jika ingin Bumdesnya berkembang pesat dan berprestasi”, pungkasnya.
Usai acara, para kepala daerah kemudian dijamu makan siang bersama dengan gubernur Sulawesi Selatan. (mn-humas)