Ribuan KIS Dibagikan Gratis di Barru

Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh, M.Si Menyerahkan Kartu Indonesia Sehat (KIS) dalam rangka Universal Health Coverage (UHC) Tahun 2018 yang dilaksanakan di Kec. Mallusetasi dan Kec. Soppeng Riaja, Kabupaten Barru Sulawesi Selatan (Sulsel) Selasa.(24/04).

Tampak Hadir pada kegiatan ini, Kadis Sosial H Andi Makmun Aksa, Kepala BPJS Kab. Barru, para Kepala Desa dan para Pimpinan OPD yang terkait, bersama Ribuan Masyarakat Kecamatan Mallusetasi dan Kec. Soppeng Riaja.

Sekedar diketahui bahwa Pendistribusian Kartu Indonesia Sehat (KIS) tersebut ditujukan pada penduduk yang terdaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) pada 7 Kecamatan se Kabupaten Barru.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Dinas Sosial, masyarakat kurang mampu diwilayah Kab. Barru yang akan dilayani sebanyak 7.000 jiwa denga rincian sebagai berikut,

Kec. Mallusetasi 1.207 jiwa,

Kec. Soppeng Riaja 1.194 jiwa,

Kec. Balusu 583 jiwa,

Kec. Barru 1.057 jiwa,

Kec. Tanete Rilau 911 jiwa,

Kec. Tanete Riaja 1.198 jiwa, dan

Kec. Pujananting 850 jiwa.

Kepala Seksi (Kasi) pengelolaan Sumber Dana Sosial dan Jamsos Dinas Sosial Kab. Barru Jamaluddin Hasmin, S. STP, M.Si mengatakan, Saat ini di tahun 2018 peserta yg terdaftar sebagai peserta JKN dari seluruh segmen kepesertaaan sebanyak 169.759 jiwa atau 97, 74 % dari jumlah penduduk 173.683 jiwa, “Dengan terselenggaranya kegiatan ini kami berharap agar masyarakat yang telah memiliki kartu KIS dipastikan mendapatkan jaminan berupa perlindungan dalam kesehatan sehingga peserta memperoleh manfaat pemeliharaan kesehatan dan perlindungan dalam memenuhi kebutuhan dasar kesehatan yang diberikan kepada setiap masyarakat” ujarnya.

Kartu KIS yang dibagikan ini bukan sekadar kartu gratis. Dalam prosesnya, pemerintah tetap melakukan pembayaran dengan total anggaran Rp161 juta per bulannya.

 

( Humas Barru )

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *