Selamat Hari Anak Nasional 2016

Tepat hari ini, 23 Juli 2016, anak Indonesia bergembira dengan memperingati ‘Hari Anak Nasional‘.

Hari Anak Nasional terwujud dari sebuah gagasan untuk mensejahterakan para anak-anak di Indonesia. Hari Anak Nasional diperingati pada setiap tanggal 23 Juli, sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 44 tahun 1984 pada tanggal 19 Juli 1984.

Hari Anak Nasional ini dibuat dengan tujuan agar kesejahteraan anak dapat diwujudkan oleh seluruh komponen bangsa Indonesia meliputi negara, pemerintah, masyarakat, keluarga dan orang tua dengan cara menghormati dan memberikan hak-hak anak serta jaminan terhadap kebutuhannya tanpa kekerasan dan perlakuan diskriminatif.

Terlebih lagi di tahun 2016 ini, marak sekali kejahatan seksual yang dilakukan oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab dan menjadikan anak-anak sebagai objek yang sangat mudah dihasut oleh mereka.

Hal itu cukup memprihatinkan, selain anak-anak yang menjadi korban akan mengalami ganguan psikis dan mental, masa depan merekapun akan sangat terganggu. Oleh karena itu, para orangtua dihimbau agar lebih bisa memperhatikan tumbuh kembang anaknya sejak masih kecil.

Selain di Indonesia, Hari Anak juga merupakan event yang diperingati seluruh dunia. Hari Anak Internasional diperingati setiap tanggal 1 Juni, dan Hari Anak Universal diperingati setiap tanggal 20 November.

Sumber Artikel : Klik