Selamat Hari Mangrove Sedunia

International Mangrove Day dijadikan momentum bagi banyak pihak dalam satu dekade terakhir untuk melakukan aksi dan menyuarakan kampanye terkait pentingnya pelestarian dan perbaikan pengelolaan ekosistem mangrove di dunia.

Hingga akhirnya UNESCO secara resmi menetapkan tanggal 26 Juli 2016 sebagai International Mangrove Day dalam sebuah dokumen “Proclamation of the International Day for the Conservation of the Mangrove Ecosystem” pada November tahun 2015.

Dalam upaya ini Blue Forests melaksanakan sejumlah kegiatan. Tema yang diangkat dalam perayaan tahun ini adalah Future Mangrove:  from Grey to Green. Antara lain Mangrove Biodiversity Revive pada tanggal 26 Juli 2016 berupa pengkayaan keanekaragaman jenis mangrove di Kepulauan Tanakeke, Takalar.

Selain itu telah dilaksanakan Education Trip bersama para blogger dan fotografer ke Pulau Panikiang pada tanggal 23 Juli 2016.  Rangkuman kegiatan yang dilakukan, pandangan dan rekomendasi kami untuk perbaikan pengelolaan mangrove di Indonesia kami sajikan dalam Siaran Pers terlampir. 

Semoga bisa menginspirasi dan berkontribusi bagi pengelolaan mangrove berkelanjutan.

Selamat Hari Mangrove Sedunia – International Mangrove Day.