Tips Berkendara Roda Dua Saat Mudik

1. Apabila ingin melakukan perjalanan jauh, kalian harus terlebih dahulu mengecek kendaraan motor anda, mulai dari pemakaian Oli, lampu, pengapian(busi), kelengkapan surat motor dan ban. Terutama untuk ban,  terkadang situasi jalan yang akan dilewati bermacam-macam ada yang beraspal, berbatuan atau berlubang. Nach, agar ban tidak mudah pecah usahakan untuk mengatur suhu ban sebelum berangkat
Nah, sedikit tips dari kami ban ketika perjalanan kadang menemukan jalanan yang tidak menentu suhunya maka dari itu ban dalam terlebih dahulu diisi dengan tepung terigu 1/3 sendok hal ini sangat berpengaruh untuk bisa mengurangi ban untuk lansung kempes ketika tiba-tiba bocor.

2. Perlengkapan diri anda seperti Jaket, Kaos tangan, sepatu, helm SNI, buff, dan kacamata bening. Hal demikian sangat penting untuk kenyamanan anda selama berkendara.

2. Usahakan setiap akan melakukan perjalanan panjang, tentukan rute yang akan lewati. Siapkan semacam peta perjalanan agar tidak terjadi salah jalan apalagi tempat yang akan dituju adalah tempat baru atau tidak pernah dikunjungi. Google maps terkadang salah dalam pemberian petunjuk. Jadi peta perjalanan itu penting.

3. Selama perjalanan biasakan untuk bisa membagi waktu makan, istrahat, dan pengisian bahan bakar minyak. Ini sangat menentukan stamina pengendara dan pengapian motor. Agar bisa optimal selama perjalanan.

4. Apabila dalam menempuh perjalanan dengan rombongan, usahakan ada leader rombongan. Posisi leader berada pada bagian depan untuk memberikan tanda apabila ada hal-hal yang bisa membahayakan pengendara, seperti ada jalan lubang, dll. Apabila sendiri usahakan bisa menjaga jarak dengan kendaraan lainnya yang ada didepan.

5. Singgah lah ditempat yang bisa kalian abadikan untuk bisa membagi info tentang perjalanan kalian, agar bisa jadi acuan berkendara selanjutnya.

6. Berkabarlah kepada tetangga ketika sampai ditujuan atau kampung halaman. Karena keluarga yang anda tinggalkan pasti menunggu kabar anda.

Selamat mudik dan jadilah pelopor keselamatan Berlalulintas.