UJIAN AKHIR PRAKTEK SISWA SMK 5 PARIWISATA KELILING BARRU

12896188_1215321205152460_2144157684_o (1)

Kepala SMKN 5 Barru Memberikan Arahan Kepada Peserta Ujian

Beberapa pekan yang lalu puluhan siswa SMK 5 Barru jurusan pariwisata mengikuti ujian akhir kompetensi sekolah. Ujian tersebut adalah penilaian akhir bagi siswa kelas tiga dalam penentuan kelulusan. Dalam skema ujian praktek, pihak sekolah mengharuskan siswa ikut dalam tour simulasi, sebab siswa akan dinilai kecakapannya sebagai seorang pemandu wisata.

 

Sebelum berangkat, kepala sekolah SMK 5 sempat memberikan arahan kepada siswanya. Dalam imbauannya beliau menekankan agar siswanya mengeluarkan semua kemampuan mereka dalam ujian, sesuai dengan teori yang telah mereka dapatkan di bangku kelas.

 

Tour simulasi tersebut mengambil rute perjalanan, mulai dari sekolah, kemudian menuju arah kota pare-pare dan berakhir di halaman sekolah. Dalam perjalanan satu persatu siswa secara bergantian maju menjadi pemandu wisata di atas bis yang mereka tumpangi. Sepanjang jalan yang dilalui, siswa di harapakan mampu menjelaskan jenis wisata apa saja yang mereka temui di hadapan teman-temannya. Sementara itu tim penilai yang terdiri dua orang guru memperhatikan apa yang di lakukan oleh siswa.

 

Selama proses ujian berlangsung, tak nampak raut wajah siswa peserta ujian yang tegang, bahkan semua larut dalam keceriaan dan menikmati proses ujian tersebut. Inilah hal menariknya dalam ujian praktek siswa jurusan pariwisata, hal tersebut berbeda di banding jurusan lain, sebab siswa melaksanakan ujian sambil jalan-jalan menikmati keindahan pariwisata Kabupaten Barru.

 

12903954_1215321271819120_1615906789_o

Suasana Dalam Bus Saat Ujian Berkeliling Barru

Setelah kembali ke sekolah, Barru.org sempat mewancarai salah satu tim penilai yang ikut dalam tour simulasi yakni bapak Mustapa, SST.Par. Mpd. Beliau mengatakan, sesuai dengan namanya, jurusan pariwisata tentu saja ujiannya berhubungan dengan pariwisata, seperti ujian yang mereka lakasanakan tadi. Setelah ujian tour simulasi di berikan waktu istiraja dan setelah itu siswa kembali di wawancarai satu persatu seputar pariwisata yang selama ini mereka pelajari sebagai penutup rangkaian ujian praktek mereka.

 

Pada sesi akhir ujian, pak Mustafa berharap kepada seluruh siswa agar setelah lulus nantinya mereka bisa lebih terampil ketika keluar dari sekolah. Beliau juga berjanji akan membantu siswa yang melanjutkan kuliah ke jurusan pariwisata ataupun bagi siswa yang ingin langsung bekerja.

 

Penulis : Achmad Afandy

 

aaa

One Comment

  1. Saya tertarik dengan artikel yang ada di website anda yang berjudul ” UJIAN AKHIR PRAKTEK SISWA SMK 5 PARIWISATA KELILING BARRU “.
    Saya juga mempunyai jurnal yang sejenis yang bisa anda kunjungi di Pariwisata Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *