Unik! Gadis Cantik Asal Barru ini Hobby Pelihara Buaya

Era modern ini memang ada banyak hal yang sudah dilakukan oleh kaum pria juga bisa dilakukan kaum perempuan. Begitupun Hobby yang tidak punya batas status bahkan umur semua manusia di bumi ini punya hobby tersendiri. Baik itu olahraga, traveller, pencinta otomotif, dan banyak lainnya.

Tidak heran jika ada salah satu hobby yang cinta dengan reptil maupun hewan yang dianggap buas oleh sebagian kalangan. Bagi sebagian masyarakat ketika melihat ular atau buaya pasti akan merasa ketakutan. Dan menurutnya itu hanya bisa di pelihara oleh kaum lelaki saja.

Di Kabupaten Barru, gadis cantik bernama Indy yang lahir di Sorong Papua 09 April 1995 ini hobby banget memelihara reptil berjenis buaya. Sejak SMP dia sudah mulai suka sama hewan reptil seperti ular juga buaya. Pernah juga menghandle, otter/berangberang,bubo sumtranus(owl),musang pandan, kurakura pipi putih, kadal afrika, kadal argentina dan segala jenis biawak,seperti celebensis endemik sulawesi, Bw teguh argentina dan banyak lainnya. Wow gak kebayangkan gimana cewek ini merawat hewan peliharaanya. Tapi sekarang lebih intens peliharaanya ular dan buaya.

Sahabat Barru.org pasti bertanya-tanya gimana keluarga indi melihat hobbynya ini, kata Indy “Awalnya, keluarga tidak mendukung, tapi setelah saya jelaskan secara detail bahwa hewan liar dan buas seperti ini juga bisa menjadi hewan peliharaan yang lucu jika kita benar-benar serius merawat, dan memeliharanya. Akhirnya setelah saya buktikan kemereka,mereka pun percaya dan malah sekarang mereka yang memberi makan dan merawat jika saya sedang tidak dirumah”. Sesuatu hal yang diluar perkiraan bukan ?

Diakhir wawancara kami, Indy berbagi tips nih buat sahabat Barru.org yang ingin memelihara ataupun sudah hobby tapi masih butuh referensi berikut paparannya :
“Jika ingin memelihara hewan buas seperti reptil dan belum pernah sama sekali mengetahui tentang cara perawatan, baiknya kita persiapkan diri dulu, apakah yakin ingin serius untuk memelihara hewan tersebut atau tidak, sudah siap menerima resiko yang terjadi jika suatu saat tidak diminta terjadi hal buruk seperti kena gigit,dll. Dan harus belajar dulu secara detail mengenai hewan yang ingin kita pelihara,lewat buku, tontonan mengenai hewan ataupun internet. Pelajari tentang makanan, pantangan hewan tersebut, suhu kandang hewan, dan juga lamanya berjemur, mandinya kapan, dan hal-hal yang harus dihindarkan dari hewan tersebut apa saja. Dan yang paling utama mungkin kita bisa bertanya-tanya dan bisa meminta ilmu dan cara perawatan kepada orang yang sudah mengetahui dan berpengalaman tentang cara perawatan dan jenis dari hewan tersebut.”

Apapun hobby kita saat ini sudah sepantasnya  jika kita ikut memperlakukan hewan yang juga sebagai makhluk hidup ikut menjaga dan merawatnya.

Penulis : Asriadi
Foto : IG @peachpacharaa