Yang Mempesona di Mallusetasi, Air Terjun Manuba

Barru memang terkenal dengan surganya destinasi wisata air. Banyak pilihan air terjun bisa dijadikan tujuan wisata saat libur akhir pekan tiba. Salah satu yang mempesona di Mallusetasi adalah Air Terjun Mabuangnge atau lebih populer dengan nama Air Terjun Manuba.

Air terjun Manuba sejatinya dikelola secara swadaya oleh warga setempat. Menurut warga sekitar awalnya air terjun ini hanya dijadikan tempat bagi warga sekitar untuk menggelar upacara adat ketika akan turun menanam padi di sawah.

Namun, lama kelamaan Air terjun manuba menyedot minat wisatawan luar kota sehingga dijadikan tempat sebagai destinasi wisata.

Air terjun Manuba terletak di Dusun Manuba, Desa Manuba, Kecamatan Mallusetasi, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan. Untuk bisa menikmati pesona Air terjun Manuba, traveler harus menempuh jarak sekitar 30 km ke utara dari arah tugu payung pusat kota Barru. Traveler nantinya bisa mengambil jalur ke kanan di depan kantor polsek Kiru-Kiru Soppeng Riaja menuju lokasi air terjun.

Sepanjang jalan, traveler akan disuguhkan panorama keindahan alam yang aduhai. Mulai dari pemandangan pegunungan, bukit, hingga deretan rumah penduduk yang terlihat mini dari kejauhan. Jika ingin lebih menikmati perjalanan, disarankan untuk berangkat lebih awal dan sebaiknya gunakan kendaraan roda dua agar memudahkan traveler sampai di lokasi air terjun. Jangan gunakan roda empat, kalau tak ingin berjalan kaki beberapa ratus meter lagi !

Setelah sampai di depan lokasi air terjun traveler akan disambut oleh keindahan Air terjun Manuba yang tampak begitu sempurna. Air yang jatuh dari tebing vertikal setinggi 20 meter tampak anggun berpadu dengan kolam yang berwarna hijau tosca. Sungguh sangat memanjakan mata.

Semakin mendekat ke air terjun, perasaan takjub pun akan semakin menjadi. Kucuran airnya terlihat begitu jernih seakan mengajak kita untuk merasakan kesegarannya dan segera berenang di bawah guyuran Air terjun Manuba.

Spot utama Air terjun Manuba biasanya menjadi lokasi swafoto favorit bagi pengunjung untuk mengabadikan momen sambil basah-basahan menikmati percikan air terjun. Sedangkan pinggiran air terjun dijadikan spot bersantai menikmati aroma alam alam yang asri.

Selain berenang dan berfoto, traveler juga wajib mencoba bermain mini arum jeram disekitar aliran arus air terjun. Cukup dengan menyewa ban karet pada tukang sewa ban sekitar air terjun, traveler sudah bisa menikmati sensasi lain bermain air di Air terjun Manuba. Harga sewa satu ban karet dihargai sebesar Rp.10 ribu rupiah. Murah dan menyenangkan bukan ?. Barru.org yakin traveler akan betah berlama-lama di tempat ini.

Keindahan Air terjun Manuba memang telah dikenal para traveler lokal maupun dari luar daerah Barru. Karena banyaknya foto yang menampilkan keindahannya dari berbagai lini masa media social

Penulis : Achmad Afandy
Foto : @rocklamator_ ( IG )

fandy tailor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *