Falsafah Sulapa Eppa, Jadi Dasar Penamaan Aplikasi #BarruBaik

Ikuti Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan I, Puslatbang LAN Makassar, Kepala Bidang Humas, Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Barru, Ardi Susanto, SH, bangun Aplikasi Android #BarruBaik sebagai tugas aksi perubahan, Kamis (5/8/2021).

“Mohon doanya, Aplikasi ini berhasil masuk Playstore dan dapat sukses di Launching oleh Bapak Bupati Barru, pekan depan,” sebut Ardi Susanto yang menjelaskan bahwa aplikasi ini dalam proses pengembangan dengan menjalin kerjasama dengan beberapa domain informasi seperti informasi Budaya Attoriolong maupun ragam potensi Daerah di Barru.Org, serta menjelaskan bahwa Humas Barru sebagai super adminnya.

Ia menyebutkan bahwa berdasarkan data, ada 143 ribu pemegang smartphone di Barru, sehingga mengandalkan media sosial seperti Facebook atau Whatsapp Grup, nitizen yang menjadi Penerima Informasi terbatas.

“Tunggu saja, semoga bisa merakyat, sebab fitur didalamnya untuk memudahkan layanan informasi dan komunikasi publik, termasuk kami sediakan Platform berbagi informasi pribadi atau perusahaan untuk memberi Rakyat Barru ruang menawarkan lowongan kerja maupun mempublikasi diri dan kompetensi kerjanya,” jawab Ardi Susanto yang memberikan keterangan bahwa diupayakan Aplikasi ini telah dapat di download pada Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1443 Hijriyah.

Dirinya menjelaskan bahwa nama Aplikasi Barru Baik dengan diawali tanda pagar (#) yang syarat dengan makna filosofis.

Selain sebagai metadata tag, tanda pagar (#) menjadi logo yang simbolis dengan Falsafah Bugis Sulapa Eppa.

Sedangkan, Barru Baik sendiri, diambil dari makna Asmaul Husna “Al Barru” yang berarti Maha Melimpahkan Kebaikan.

“Iye, penulisan aplikasi ini memang unik, sebab terangkai dalam #BarruBaik tanpa spasi, sebab menjadi metatadata tag dalam narasi komputasi serta bermakna sebagai pagar perlindungan kebaikan daerah, kata Baik sendiri, diambil dari akar kata kebaikan sebagai makna nama Barru,” urainya kemudian.